-->

Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux Yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux - Pengguna komputer dan bahkan seorang programmer telah terbiasa menggunakan sistem operasi Windows, karena kemampuan yang terus uptudet dan tampilan antarmuka grafis yang friendly, oleh karena itu produk Microsoft tetap ada. Meskipun, Lycoris, Red Hat, Mandrake, Suse, Knoppix, Slackware dan Lindows membuat beberapa versi berbeda dari LINUX. Perusahaan-perusahaan ini merilis versi sistem operasi mereka sendiri dengan sedikit perubahan, namun selalu dengan garis bawah yang sama. Fakta sederhana bahwa tidak satu pun dari perusahaan-perusahaan ini yang hampir bersaing dalam mengambil peminat pemakai sistem operasi dengan Windows, karena sebagian besar disebabkan oleh pengoperasian sistem operasi Linux tersebut lebih sulit daripada sistem operasi Windows.
perbedaan os windows dan linux

Apa perbedaan sistem operasi Windows dan Linux?

Terkadang sepertinya semua orang di dunia ini menggunakan Windows. Banyak yang mengatakan Windows jauh lebih baik daripada LINUX karena penanganan perangkat lunak atau perangkat keras yang sederhana. Ada perbedaan besar antara jumlah pengguna LINUX dan Windows. Banyak yang mengatakan LINUX jauh lebih baik karena diawali sebagai perangkat lunak Open Source dan karenanya lebih fleksibel daripada Windows. Lalu apa yang menyebabkan perbedaan besar pangsa pasar antara kedua sistem operasi ini?

Windows dan Linux memiliki perbedaan dalam beberapa hal

Nah sebelum kalian terlanjur memilih salah satu dari dua sistem operasi ini, ada baiknya terlebih dahulu kalian mengetahui beberapa perbedaan dari kedua sistem operasi ini

Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux
1. Windows GUI adalah komponen integral dari OS, kecepatan, efisiensi dan kehandalan, sedangkan GUI Linux bersifat opsional, meningkat dengan menjalankan instance server Linux tanpa GUI, sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh versi server Windows. Sifat GUI Linux membuat administrasi komputer Linux jauh lebih mudah dengan nuansa yang lebih alami daripada komputer Windows.

2. Perintah petunjuk dari kedua sistem operasi ini sangatlah berbeda. Perintah penafsir dalam seri Windows 9x sangat mirip satu sama lain dan versi kelas NT Windows juga memiliki juru bahasa perintah yang serupa. Namun, ada perbedaan antara penafsir perintah Windows 9x dan yang lainnya dalam rasa kelas NT Windows. Linux, seperti UNIX, juga mendukung beberapa juru bahasa perintah, namun biasanya menggunakan BASH atau "Bourne Again Shell".

3. Apabila kalian ingin memiliki sistem operasi windows baru, kalian harus mengeluarkan puluhan dolar untuk membeli kepingan CD sistem operasi ini,  berbeda dengan sistem operasi Linux, kalian dapat mengunduh Linux secara gratis yang telah banyak beredar di Internet. Dan meskipun ada beberapa sistem operasi Linux yang berbayar, harganyapun tidak seberapa dari harga sistem operasi Windows yang lumayan mahal.

4. Kebocoran data adalah suatu masalah besar dan kerap terjadi pada dunia teknologi modern masa kini. Sebagian besar program spyware, adware, dan malicious files sering sekali ditemukan dalam sistem operasi Windows. Secara umum Anda tidak berurusan dengan keadaan seperti ini kecuali jika Anda bekerja sama dengan Windows. sedangkan Linux menawarkan perlindungan yang kuat, tidak mudah dijangkiti oleh virus bahkan tidak akan pernah karena sistem proteksi Linux yang sangat kuat.

5. Ketersediaan perangkat lunak adalah kunci mengapa Windows menang atas Linux dalam kompetisi ini. Sebagian besar perangkat lunak sudah dikonfigurasi untuk Windows. Jika Anda memilih untuk menggunakan Linux, Anda harus menyalin Windows dengan perangkat lunak khusus untuk menggunakan program berbasis windows Anda. Anda selalu dapat menginstal Windows sebagai subsistem ke Linux, ini akan mengambil kemampuan administratif Windows dan memungkinkan mereka untuk funtion di Linux.

Nah, itulah beberapa perbedaan sistem operasi Windows dan Linux. Sebelum kalian terlanjur menginstall salah satu sistem operasi ini pada Komputer ataupun Laptop kalian masing-masing, ada baiknya kalian harus mencermati perbedaan dari kedua sistem operasi tersebut. Namun sejauh ini kita bisa simpulkan bahwa peminat windows jauh lebih banyak dibandingkan dengan Linux, karena salah satu kemungkinan yang besar adalah kemudahan dalam pengoprasian dan user friendly.

0 Response to "Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux Yang Wajib Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel